Selasa, 17 Januari 2012

Wikipedia Memprotes RUU Anti Pembajakan Online AS

Washington (AFP/ANTARA) - Situs gratis online, Wikipedia, akan ditutup selama 24 jam pekan ini untuk memprotes rancangan undang-undang anti pembajakan online kepada Kongres AS, kata pendirinya, Jimmy Wales, di Twitter.


“Peringatan bagi siswa! Kerjakan pekerjaan rumah anda lebih awal. Wikipedia memprotes hukum yang buruk Rabu ini!” kata Wales di situs mikroblogging tersebut.


“’Kebebasan tak pernah diberikan secara sukarela oleh para penindas; kemerdekaan harus dituntut oleh mereka yang tertindas.’ MLK – Rabu ini, tuntutan Wikipedia,” kata Wales, mengutip perkataan pemimpin pejuang hak-hak sipil AS, Martin Luther King.


The Stop Online Piracy Act (SOPA) diperkenalkan oleh DPR, sementara Protect IP Act diperkenalkan oleh Senat.


Rancangan undang-undang tersebut telah mendapatkan dukungan dari Hollywood, industri musik, Business Software Alliance (asosiasi perdagangan yang mewakili sejumlah pembuat perangkat lunak terbesar di dunia), National Association of Manufacturers (asosiasi perdagangan industri terbesar yang mewakili produsen kecil dan besar di setiap sektor industri dan di 50 negara) dan Kamar Dagang AS.


Namun bulan lalu, pendiri Google, Twitter, Wikipedia, Yahoo! Dan berbagai raksasa Internet lainnya menyatakan keprihatinan mereka, mengatakan dalam sebuah surat terbuka bahwa peraturan tersebut akan “memberikan pemerintah AS kekuatan untuk menyensor Web menggunakan teknik yang mirip dengan yang digunakan di China, Malaysia dan Iran.”


“Kami mendesak Kongres untuk berpikir ulang sebelum mengubah peraturan yang mendukung Internet,” kata mereka. “Jangan hentikan langkah generasi pengusaha dan para pencipta berikutnya, berikan mereka kesempatan yang sama dengan yang kita miliki.”


Wales mengatakan Wikipedia akan tutup selama 24 jam dalam versi Inggris, sambil berkata: “Rincian akhir masih dipertimbangkan namun konsensus tampaknya sudah ‘bulat’ dibandingkan bergerak ‘perlahan’!”


“Kasus ini akan menjadi besar. Saya harap Wikipedia dapat menyibukan sistem telepon di Washington Rabu ini. Beritahu semua orang yang anda kenal!” katanya.


Wikipedia berusia 11 tahun pada tanggal 15 Januari lalu dan merupakan ensiklopedia terbesar dalam sejarah dengan lebih dari 20 juta artikel dalam 282 bahasa.

Sumber : kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar